Jumat, 24 Mei 2013

PIDATO (BAB PENDAHULUAN)


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Pidato merupakan kegiatan berbicara yang telah kita lakukan di depan umum. Namun, tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut. Hal itu karena ketidakpastian ataupun tidak adanya pengalaman berbicara di hadapan orang banyak meskipun pada dasarnya setiap orang dapat berbicara.
Di era globalisasi saat ini kemampuan untuk berbicara sangat dibutuhkan baik berbicara dalam konteks resmi maupun tidak karena seseorang mampu menyampaikan apa yang dikehendakinya melalui bicara.Kemampuan seseorang untuk berbicara biasanya tidak sama tergantung bagaimana orang tersebut mampu berfikir secara kritis dalam menghasilkan kata-kata sehingga masih banyak orang yang sulit untuk berbicara di depan umum dalam menyampaikan sesuatu.Hal ini disebabkan oleh kefasihan seseorang dalam berbicara dan memilih kata-kata untuk diungkapkan.
Berpidato merupakan monologika, yaitu ilmu tentang seni berbicara secara monolog. Hanya satu orang yang berbicara kepada sekelompok orang. Seni berpidato dimiliki seseorang pada umumnya diperoleh melalui proses belajar secara intensif melalui kursus dan pelatihan-pelatihan. Jalaluddin Rakhmat mengatakan bahwa kemampuan berbicara bisa merupakan bakat. Tetapi kemampuan berbicara baik memerlukan pengetahuan dan latihan (Rakhmat, 2000 : 2).
Pidato lebih identik dengan penuturan kata-kata yang teratur diimbangi dengan olah vokal dan visual yang mendukung terciptanya suasana kondusif merupakan ciri-ciri dari seni kata-kata yang kita kenal dengan retorika atau ilmu berbicara dengan baik yang telah berumur setua kehidupan manusia.
Kemampuan mengolah kata dan penguasaan lapangan sangat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam menyampaikan pesan secara efektif sesuai dengan tujuan yang ia targetkan, menjadi permasalahan yang terus berkembang dalam masyarakat sehingga penguasaan materi dan lapangan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan berpidato.

B.  Rumusan Masalah
Dari ulasan latar belakang di atas maka beberapa yang dapat kami rumuskan dan akan di bahas dalam makalah ini adalah:
1.    Apakah pengertian pidato?
2.    Apa peranan pidato itu?
3.    Apa saja metode pidato itu?
4.    Apa yang harus dipersiapkan sebelum pidato?
5.    Bagaimana topik dan judul itu?
6.    Apaka tujuan dari pidato tersebut?

C.  Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah antara lain:
1.    Untuk mengetahui pengertian pidato.
2.    Untuk mengetahui peranan pidato.
3.    Untuk mengetahui metode pidato.
4.    Untuk mengetahui persiapan sebelum pidato.
5.    Untuk mengetahui topik dan judul pidato.
6.    Untuk mengetahui tujuan pidato.